google.com, pub-3025914915219646, DIRECT, f08c47fec0942fa0 suarakolaka: Kolaka Fair Nyaris Terbakar. Akibat hubungan arus pendek.

Total Pengunjung

Senin, Februari 24, 2014

Kolaka Fair Nyaris Terbakar. Akibat hubungan arus pendek.

Kolaka.

Arena  Kolaka Fair 2014  Senin nyaris terbakar. diduga berasal dari korsleting sambungan kabel listrik yang terkena air hujan. Untung saja api tak sempat membesar. Kendati demikian sejumlah peserta dan pengunjung di arena Kolaka Fair lari berhamburan karena kepulan asap bau hangus dari bahan yang terbakar.


Rustam menjelaskan, api berasal dari korsleting konektor listrik yang terkena air hujan dan mengakibatkan mengeluarkan kepulan asap dan bau hangus dari konektor kabel yang basah.


“saya melihat ada kepulan asap tebal dibagian stand USN. saya kira asap itu berasal dari pembakaran sampah. Tapi melihat orang panik dan berhamburan sayapun mendekati tempat kejadian ternyata kabel sambungan kabelnya terbakar. Untung saja ada peserta pameran yang menyemprotkan cairan pemadam api hingga api tak  jadi membesar.” Kata Rustam.


Tajuddin, pimpinan Toms pelaksana Kolaka fair 2014 membenarkan hangusnya konektor listrik karena adanya air hujan yang masuk kedalam konektor sambungan listrik hingga menimbulkan panas. Karena hal tersebut berlangsung lama membuat material konektor menjadi terbakar dan mengeluarkan kepulan asap.


“memang ada masalah yang terjadi tadi malam karena faktor alam yaitu masalah hujan. Namun sudah selesai. Tapi masalah yang sebenarnya terjadi yaitu melonjaknya penggunaan daya listrik yang digunakan oleh peserta. Padahal sesuai dengan komitmen kami dengan peserta bahwa setiap stand hanya disediakan daya listrik sebesar 2 amper atau sama dengan 450 watt saja. Namun kenyataannya setiap hari daya yang digunakan semakin meninggi hingga mencapai 900 watt setiap stand. akibatnya daya listrik yang disuplai oleh pihak PLN diarena Kolaka Fair menjadi tidak cukup. Padahal Kalo kita melihat pengalaman pada kegiatan yang sama ditahun yang lalu daya yang kita siapkan hanya sebesar 35.000 watt itu sudah cukup sementara pada tahun ini kita menyuplai daya sebesar 5.500 watt ternyata masih kurang. Inilah yang salah satu faktor kenapa lampu diarena pameran sering mati lampu. kami sangat berharap kepada peserta agar tidak menggunakan listrik di dalam stand dengan sangat berlebihan. Sebab yang kita sepakati dari awal setiap stand hanya disiapkan sebesar 450 watt saja. Jadi jika peserta tidak mengindahkan kesepakan tersebut maka dipastikan listrik di arena  Kolaka Fair tidak dapat berjalan normal.” Kata Tajuddin.(ab)