google.com, pub-3025914915219646, DIRECT, f08c47fec0942fa0 suarakolaka: Mudahkan Pelayanan, Ruang Kantor Desa Malaha Direhab.

Total Pengunjung

Rabu, Juli 12, 2023

Mudahkan Pelayanan, Ruang Kantor Desa Malaha Direhab.

Kolaka, SK- Untuk mempermudah pelayanan administrasi kepada masyarakat, Pemerintah Desa Malaha Kacamatan Samaturu, Kabupaten Kolaka, melakukan rehabilitasi (rehab) terhadap ruang kantor di desa itu. Hal tersebut dilakukan lantaran ruang kantor desa yang selama ini digunakan terasa kurang optimal dan tidak memadai lagi dalam melayani masyarakat.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Desa Malaha, Tajuddin,S.Ag saat ditemui di ruang kerjanya kemarin. Menurut Tajuddin, kegiatan rehab ruang kantor tersebut dilakukan dengan menggunakan anggaran Dana Desa (DD) yang bersumber dari APBN tahun 2023 sebesar 70 juta rupiah.

“ Jadi yang kita rehab adalah menyatukan dua ruangan yang selama ini terpisah, agar masyarakat dalam mengurus administrasi tidak kesulitan keluar masuk ruangan yang berbeda. Kami yakin jika ruangan ini disatukan, maka jalur komunikasi antara aparat akan lebih mudah. Bahkan ruangan yang selama ini terpisah dan menjadi sempit, sudah lebih luas lagi,” kata Kades Malaha ini.

Ditambahkannya bahwa model ruangan yang akan dibangun akan mengikuti gaya kantor pemerintahan yang ada saat ini, yakni dengan menambahkan kaca pembatas pada depan ruang pelayanan agar setiap aparat yang bertugas dapat terlihat oleh masyarakat yang akan datang untuk keperluan pengurusan administrasi.

“ Kenapa harus kita gunakan kaca pembatas ruangan, agar komunikasi antara aparat dan masyarakat yang datang di kantor desa bisa lebih mudah dan efektif dalam hal urusan pelayanan. Berbeda dengan selama ini yang seluruh bagian ruang kantor tertutup dengan dinding tembok. Jadi terkadang masyarakat yang membutuhkan pelayanan menyangka tidak ada aparat di ruang kantor sehingga masyarakat pelayan kurang optimal,” ujar Tajuddin.

Selain ruang kantor desa, hal lain yang menjadi perhatian Kepala Desa Malaha adalah pembenahan halaman kantor desa dan dekker yang menjadi akses masuk ke kantor desa. Menurut Kades, sejak pekerjaan pelebaran jalan di depan kantor desa dilakukan, akses jalan menunju kantor desa serta halaman desa yang terdampak pelebaran jalan, ikut menjadi rusak, sehingga butuh pembenahan serius. Untuk itu, pihaknya telah berkoordinasi dengan kontraktor proyek pelebaran jalan agar dapat berpartisipasi membenahi halaman dan akses jalan menunju kantor desa.

“ Beberapa waktu lalu saya berkoordinasi dengan pihak kontraktor agar akses menunju kantor desa dan halaman kantor desa yang ikut mengalami pembongkaran pelebaran jalan bisa diperbaiki kembali,” kata Kades Malaha.