google.com, pub-3025914915219646, DIRECT, f08c47fec0942fa0 suarakolaka: Kades Towua, Basman: Biar Masyarakat yang Menilai Semua yang Kita Perjuangkan

Total Pengunjung

Selasa, Juli 11, 2023

Kades Towua, Basman: Biar Masyarakat yang Menilai Semua yang Kita Perjuangkan

Kolaka, SK- Kurang lebih satu tahun kedepan masa jabatan periode pertama Kepala Desa Towua, Kecamatan Wundulako, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara akan berakhir, namun semangat kepala desa untuk menggenjot semua program pembangunan yang belum tuntas di daerahnya tidak pernah surut. 

Basman, Kepala Desa Towua saat dijumpai di kantor Desa Towua Senin (10/7/2023) mengungkapkan bahwa diakhir masa jabatan periode pertamanya tetap optimis dan semangat untuk menggenjot semua program pembangunan yang belum tuntas agar perjuangan seluruh program pembangunan yang telah dicanangkan dapat dirasakan oleh masyarakat secara umum, pada akhirnya saat diserahkan masyarakat akan menilainya sejauh mana keberhasilan semua program pembangunan yang sudah dikerjakan.

“Sebagai pemerintah di desa yang dipilih oleh masyarakat, kita wajib menuntaskan seluruh program kerja yang sudah direncanakan, termasuk seluruh program pembangunan. Sebab bagaimanapun kita tetap bertanggung jawab atas amanah yang masyarakat telah berikan kepada kami,” jelas Basman.

Basman mengurai bahwa dalam kurun waktu lima tahun terakhir ini perubahan pembangunan di Desa Towua memang sangat jauh mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan tahun tahun sebelumnya, jalan kecamatan yang menghubungkan dari Desa Sabiano dan Desa Towua sekarang sudah diaspal bahkan tinggal menghitung hari pengaspalan jalan tersebut akan terhubung dengan jalan by pass. Belum lagi bangunan Kantor Desa Towua dan seluruh fasilitasnya yang boleh dibilang sudah memenuhi standar bahkan sangat layak dan nyaman untuk melakukan berbagai kegiatan pelayanan kepada masyarakat.

" saya kira Desa Towua ini dulunya kita semua tau bagaimana kondisinya, jadi tidak perlu saya ceritakan lagi, adapun yang ingin saya sampaikan bahwa baru-baru ini baru saja kami telah menyelesaikan pembangunan gedung PAUD , jalan rabat beton dan pembukaan badan jalan sepanjang satu kilo meter. Namun masih terdapat kegiatan pembangunan yang masih dalam tahap proses penyelesaian yakni lapangan sepak bola dan Insyaa Allah tahun depan saya akan perjuangkan pembangunan gedung Polindes atau Posdes" ungkap Kades Towua.

Selain keberhasilan dibidang pembangunan infrastruktur, Desa Towua ini juga mengaku telah berhasil dibidang program kegiatan pemberdayaan masyarakat seperti budi daya rumput laut, kegiatan pertambakan dan bidang pertanian padi sawah yang sudah lebih dulu berhasil dikembangkan oleh masyarakat Desa Towua.

Yang lebih menarik dan perlu diketahui bahwa pemerintah Desa Towua pada Tahun 2021 lalu telah melakukan kegiatan penanaman 1.000 Pohon Kelor. Daun kelor ini adalah rajanya sayur, sebab selain berfungsi  sebagai antioksidan, daun kelor juga mengandung vitamin dan mineral antara lain vitamin B6, vitamin B2,  vitamin C, vitamin A, zat besi dan magnesium. Tidak hanya itu bahkan satu mangkuk daun kelor (sekitar 21 gram) mengandung protein nabati sebanyak dua gram. Jadi kalau kita kaitkan dengan program stunting ini sangat efektif terutama pemenuhan gizi kepada ibu-ibu hamil sehingga anak- anak kita dapat terhindar dari penyakit gizi buruk," jelas Basman.