google.com, pub-3025914915219646, DIRECT, f08c47fec0942fa0 suarakolaka: Tangkapan Berkurang, Nelayan Kolaka Ritual Laut

Total Pengunjung

Minggu, Mei 22, 2011

Tangkapan Berkurang, Nelayan Kolaka Ritual Laut

Ratusan warga nelayan Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara mengadakan acara ritual laut. ritual yang baru pertama kali ini dibuat karena hasil tangkapan para nelayan akhir akhir ini cenderung menurun. untuk meningkatkan hasil tangkapan mereka, doa dan sesa jian pun dilepas kelaut sebagai ungkapan harapan dan doa keselamatan bagi seluruh warga nelayan yang ada didaerah ini.acara ritual laut ini dilaksanakan di tengah laut dengan menggunakan puluhan perahu nelayan.


setelah acara melepas sesaian dan doa selesai, para nelayan melakukan parade perahu dengan mengelilingi laut sebanyak 7 kali.

menurut Rijal, salah seorang nelayan  mengatakan acara ini dgelar dalam rangka memohon kepada yang kuasa agar penghasilan para nelayan yang ada didaerah ini dapat meningkat seperti sebelumnya. selain itu kami juga mengharap agar para nelayan diberi keselamatan dalam mencari kehidupan di laut.

sementara itu, Sekretaris Kabupaten Kolaka, Ahmad Safe,i mengatakan Pemkab Kolaka sangat mendukung kegiatan seperti ini dan ber jan ji akan meneruskan acara serupa ditahun mendatang.

selain warga nelayan, pemerintah Kabupaten Kolaka, tokoh masyarakat dan tokoh agama juga hadir dalam acara ritual ini.