google.com, pub-3025914915219646, DIRECT, f08c47fec0942fa0 suarakolaka: Kolaka Diving Club (KDC) Lakukan Transplantasi Karang di Perairan Kolaka.

Total Pengunjung

Senin, Desember 02, 2013

Kolaka Diving Club (KDC) Lakukan Transplantasi Karang di Perairan Kolaka.

Kolaka - Kolaka Diving Club (KDC) akhirnya berhasil melakukan transplantasi karang di perairan laut Kabupaten Kolaka. transplantasi karang ini dilakukan terkait Tinggginya angka kerusakan karang di dasar laut Kolaka, Sulawesi Tenggara saat ini. Dalam kegiatan ini KDC berhasil mentransplantasi 160 karang stek karang yang disebar dalam dua meja, yang mana setiap meja terdapat 80 stek karang.

Ketua  KDC, Irfan Jaya Jono, yang dimintai keterangannya (29/11/2013) usai melakukan mengatakan jika kegiatan itu melibatkan sedikitnya 20 penyelam yang tergabung dalam organisasi KDC dan penyelam lain dari wilayah Kolaka.

"transplantasi karang ini kami dilakukan lantaran data yang kami temukan sejak melakukan penyelaman di wilayah laut Kolaka telah terjadi kerusakan terhadap terumbu karang yang ada. kerusakan ini makin diperparah karena kurangnya perhatian dan aturan yang tegas terhadap para perusak karang. sebagai contoh diperairan laut kawasan wisata tanjung kayu angin serta dibeberapa tempat." katanya.

dia juga mengatakan bahwa kelak jika transplantasi karang ini berhasil sesuai rencana, maka dipastikan akan menambah spot spot karang yang berfungsi sebagai tempat bersarangnya ikan di dalam laut Kolaka.

Sementara itu, Sekretaris KDC H Arsy Pamma mengatakan kedepan, selain berfungsi sebagai 'Rumah Ikan', terumbu karang juga berfungsi sebagai kawasan wisata bawah laut yang saat ini makin digemari oleh para penyelam baik bagi wisatawan mancanegara maupun wisatwan domestik. 

"jika ini berhasil maka potensi wisata bawah laut Kolaka dapat bersaing dengan tempat wisata laut seperti Wakatobi, Bau-bau, Selayar, Raja Ampat, Gorontalo, Bunaken, Gili Trawangan, Derawan serta  tempat tempat wisata lainnya di Indonesia.(*)