google.com, pub-3025914915219646, DIRECT, f08c47fec0942fa0 suarakolaka: Rumah Sakit Tipe B akan Dibangun di Kolaka. Telan Anggaran Berkisar 150 M

Total Pengunjung

Kamis, Januari 14, 2016

Rumah Sakit Tipe B akan Dibangun di Kolaka. Telan Anggaran Berkisar 150 M

Kolaka, SK


Pemerintah Kabupaten Kolaka mengakui akan membangun Rumah Sakit Umum Klasifikasi (type) B di Kabupaten Kolaka. Rumah sakit yang rencananya akan dibangun di Kelurahan Tahoa Kecamatan Kolaka itu nantinya akan setara dengan Rumah Sakit Provinsi Sultra dan Rumah Sakit Bahtera Mas di Kendari yang juga berklasifikasi B Pendidikan.



Bupati Kolaka Ahmad Safei membenarkan perihal akan dibangunnya Rumah Sakit tersebut. Menurut Safei saat ini Rumah Sakit Benyamin Guluh (RSBG) Kabupaten Kolaka merupakan RS Umum Non pendidikan dengan klasifikasi C, makanya dengan alasan ini kata Bupati, Pemerintah akan membangun RS yang memiliki daya tampung yang cukup besar yang disertai dengan peningkatan klasifikasi dari klasifikasi C menjadi B.

“Rumah Sakit Benyamin Guluh Kolaka ini, daya tampungnya sudah tidak dapat lagi dipertahankan, sehingga kami berniat pada tahun 2016 mendatang, kita sudah dapat meletakkan batu pertama pembangunan Rumah Sakit Tipe B pada lahan yang saat ini sementara dalam persiapan,”Kata Safei.

Mantan Sekda Kolaka ini menambahkan bahwa untuk jumlah anggaran yang digunakan sebesar Rp. 100 hingga 150 Milyar.

“Untuk jumlah anggaran yang digunakan, kita sudah ekspos yang jumlahnya berkisar Rp. 100 hingga 150 Milyar,”tandasnya.

Menanggapi rencana Pemerintah dalam membangun RSU Kolaka yang akan menyerap anggaran ratusan milyar rupiah, Nasruddin, Aktifis Yayasan Pengembangan Pelayanan Publik (Yapplik) Kolaka mendukung rencana tersebut. Kendati demikian Nasruddin berjanji tetap akan melakukan pengawasan terhadap jalannya pembangunan RSU itu hingga pada tahap penggunaannya nanti.

“Sepanjang rencana tersebut memberi manfaat yang cukup besar bagi masyarakat Kolaka maka kami akan dukung. Namun pembangunan tersebut tidak dapat kita lepaskan begitu saja tanpa pengawasan, makanya kami dari Yapplik tetap akan melakukan pengawasan terhadap jalannya pembangunan hingga pada tahap penggunaannya nanti oleh masyarakat Kolaka,”kata Nas. (as)