google.com, pub-3025914915219646, DIRECT, f08c47fec0942fa0 suarakolaka: Tahun ini 100 Desa di Kabupaten Kolaka terima Rp. 1,3 Milyar

Total Pengunjung

Minggu, Januari 10, 2016

Tahun ini 100 Desa di Kabupaten Kolaka terima Rp. 1,3 Milyar

Kolaka, SK

Aparat desa di Kabupaten Kolaka dipastikan akan bernapas lega dalam membangun desanya, pasalnya Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka pada tahun 2016 nanti akan memberikan kucuran dana segar bagi setiap desa yang nilainya mencapai Rp. 1,3 milyar. dana milyaran tersebut bersumber dari Dana Alokasi Desa (DAD) yang bersumber dari APBN sebesar Rp. 600 juta dan Rp.700 juta berseumber dari APBD Kolaka. dana Rp. 1,3 milyar itu akan dialokasikan ke 100 desa di Kabupaten Kolaka. 



Asisten III Setda Kolaka, H. Ruhaedin Djamaluddin, bahwa dana itu selain digunakan untuk pembangunan infrastruktur juga untuk biaya operasional, pemerintahan desa seperti gaji dan honor aparat desa, sarjana pendamping desa, paramedis desa, imam desa yang diangkat sebagai upaya pemberdayaan masyarakat desa. jumlah ini kata Ruhaedin jauh lebih besar dibanding dengan anggaran desa pada tahun sebelumnya.

"Jika pada tahun ini, setiap desa di Kolaka hanya  mengelola anggaran Rp.300 juta dari APBN dan Rp250 juta APBD, maka pada tahun 2016 kedepan setiap desa akan mengelolah anggarannya dengan jumlah yang jauh lebih besar yakni Rp. 1,3 milyar. adapun Penggunaan anggarannya itu untuk menunjang program pemerintah daerah menuju gerakan masyarakat mandiri. salah satu Implementasi dari program tersebut antara lain diwujudkan dalam program e-office, dimana pejabat di lingkungan pemda Kolaka mulai 2016 menggunakan surat elektronik untuk urusan birokrasi, termasuk ke desa-desa,"kata mantan Kepala BKD Kolaka ini.

Ruhaedin menambahkan dengan anggaran pembangunan yang cukup besar itu, Pemerintah Kolaka berharap agar setiap desa lebih kreatif dan inofatif dalam mengembangkan desanya agar program pemda Kolaka dalam mewujudkan gerakan masyakat mandiri dapat terlaksana. (ab)