google.com, pub-3025914915219646, DIRECT, f08c47fec0942fa0 suarakolaka: Terima Kasih Kotaku, Kini Kami Punya Taman Bermain

Total Pengunjung

Minggu, Mei 03, 2020

Terima Kasih Kotaku, Kini Kami Punya Taman Bermain


Siang itu nampak puluhan warga sedang bercengkrama di taman bermain yang baru saja selesai dibangun oleh warga melalui program Kotaku. Bukan saja orang dewasa, namun sejumlah anak-anak nampak asik bermain diatas bangunan yang berukuran 60 meter persegi itu. Di atas bangunan tersebut terdapat tempat duduk terbuat dari beton yang saling berhadapan berkisar 4 meter. Di tengahnya terdapat pula meja bundar yang juga dari beton. Di  atas bangunan itulah hampir setiap hari warga saling berinteraksi satu sama lain. Tak terkecuali anak-anak yang sudah menjadikan tempat tersebut sebagai tempat yang paling favorit dan aman untuk bermain.

Bangunan tersebut adalah Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang dibangun oleh warga melalui Bantuan Pemerintah untuk Masyarakat (BPM) Program Kotaku tahun 2019. Bangunan yang memiliki enam anak tangga ini menelan anggaran sebesar Rp. 47.240.000.

Baca Juga :



“Kami patut bersyukur karena saat ini Kelurahan Sakuli telah memiliki RTH yang oleh warga dijadikan sebagai sarana bermain yang layak. Bukan hanya itu, tempat ini juga dimanfaatkan oleh warga sebagai tempat berembuk untuk masalah-masalah sosial,” terang Basruddin warga Sakuli.

Dirinya mengaku bahwa setelah RTH itu dibangun lokasi tersebut merupakan daerah kumuh yang karena masih terdiri dari semak belukar yang tidak tertata. 

“Sebelum RTH ini dibangun dulu lingkungan ini bisa dikatakan jorok, Sampah ada di sana sini. Semak belukar juga masih terlihat. Apa lagi tempat bermain yang layak bagi anak dapat dikatakan tidak ada. Makanya dengan adanya Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang dibangun melalui Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku), warga di Kelurahan Sakuli ini khususnya yang ada di lingkungan IV  mengaku sangat berterima kasih karena selain menjadi tempat bermain yang layak, RTH ini juga dimanfaatkan oleh warga sebagai tempat ber-musyawarah bagi warga Kelurahan Sakuli,” terangnya. 

Berita Terkait :