google.com, pub-3025914915219646, DIRECT, f08c47fec0942fa0 suarakolaka: Banjir Rendam Ratusan Hektar Sawah di Tiga Desa.

Total Pengunjung

Jumat, Mei 27, 2011

Banjir Rendam Ratusan Hektar Sawah di Tiga Desa.

Hujan yang berkepanjangan beberapa hari ini berdampak terjadinya banjir dibeberapa wilayah di Kabupaten Kolaka. Di Kecamatan Ladongi misalnya, tiga desa mengalami kerugian akibat terendam banjir. Wilayah yang terendam banjir adalah Desa Wungguloko, Pembeyoha, dan Lalowosula, yang keseluruhannya berada di Kecamatan Ladongi.

Menurut Camat Ladongi, wilayah yang terparah adalah Desa Wungguloko dimana semua infrastruktur, sarana dan pasarana menjadi rusak sehingga aktivitas masyarakat menjadi lumpuh. Selain itu, dua buah jembatan terputus dan hanyut dibawa arus. Mulai dari gedung perkantoran desa, bangunan sekolah baik itu SD maupun SMP serta perumahan penduduk ikut terendam air.
Selain infrastruktur , persawahan warga yang luasnya hingga 150 ha. Selain itu perkebunan masyarakat yang luasnya 200 ha juga ikut terendam.

“selain Desa Wunggoloko, Desa Pombeyoha dan Desa Lalowosula mengalami hal serupa. bahkan Warga terancam gagal panen,” kata camat Ladongi, Sabaruddin lewat sms.

Ditambahkannya, ada beberapa desa di wilayahnya yang termasuk daerah rawan banjir. desa-desa tersebut berada di wilayah dataran rendah. Untuk mengatasi hal tersebut kata Sabaruddin, perlu dilakukan normalisasi dan pelurusan sungai di desa-desa tersebut. “ selain itu, penanaman pohon digunung terutama di lahan-lahan masyarakat yang telah gundul juga sangat dibutuhkan. Karena setiap tahunnya jika terjadi hujan Kecamatan Ladongi merupakan langganan banjir. pungkasnya. (Ab)