google.com, pub-3025914915219646, DIRECT, f08c47fec0942fa0 suarakolaka: RSUD Kolaka, dibanjir Pasien Diare.

Total Pengunjung

Senin, Agustus 15, 2011

RSUD Kolaka, dibanjir Pasien Diare.


Kolaka.  Sebanyak 34 orang pasien diare banjiri Rumah Sakit Umum Kab. Kolaka. Pasien yang umumnya berumur dibawah 5 tahun ini diperkirakan masuk ke rumah sakit sekitar 4 hari kemarin.  Umumnya pasien yang dibawah umur ini langsung diberikan pengobatan dengan impus terlebih dahulu.

Abdullah, orang tua pasien mengatakan jika anaknya mengalami buang air yang berlebihan dalam waktu yang tidak terlalu lama. Namun saat anaknya buang air besar disertai dengan tangisan. ” saya menduga factor makanan menjadi penyebab diare ini, sebab sebelum bulan puasa hal ini tidak pernah terjadi. “ Ungkap warga jalan Badewi ini. menurutnya makanan yang dijajakan pada bulan puasa ditengarai menjadi penyebab diare ini, sebab beberapa makanan tersebut tidak dijamin mutu kesehatannya.
Menanggapi banyaknya pasien Diare yang masuk rumah sakit kolaka akhir akhir ini, Buhari, SKM Kepala Tata Usaha RSUD Kolaka saat ditemui (15/08) membenarkan jika dalam waktu 4 hari ini pihaknya menerima 34 orang pasien diare. Umumnya pasien ini berumur antara 3 bulan hingga 5 tahun, dan telah diduga mengalami kekurangan cairan (dehidrasi) “ kami langsung memberikan pertolongan dengan cara menginfus pasien agar cairan yang banyak dikeluarkan oleh pasien bisa dikembalikan kembali. Menyangkut tentang “meledaknya” jumlah pasien hingga dirawat di lorong bangsal, Buhari mengatakan jika saat ini jumlah pasien yang dirawat di RSUD Kolaka memang banyak. Karena kita kekurangan fasilitas kamar perawatan, maka hal tersebut terpaksa dilakukan mengingat ruang perawatan sangat terbatas.
Banyaknya jumlah Pasien Penderita Diare  akhir akhir ini diduga disebabkan oleh penjualan makanan berbuka puasa yang tidak dijamin mutunya oleh dinas kesehatan. Untuk itu maka tak ada salahnya jika Dinas terkait melakukan pengawasan terhadap banyaknya  makanan jajakan yang dijual untuk menu berbuka puasa. (RL)