google.com, pub-3025914915219646, DIRECT, f08c47fec0942fa0 suarakolaka: Diduga Arus Pendek. 4 Rumah dilalap si Jago Merah.

Total Pengunjung

Kamis, Desember 01, 2011

Diduga Arus Pendek. 4 Rumah dilalap si Jago Merah.

Kolaka. sebanyak empat unit rumah di Jalan Ekonomi Kec. Pomalaa Kab. Kolaka hangus dilalap si jago merah. Kebakaran yang menghanguskan rumah milik Akbar, Iskandar, Arsyad dan Joko terjadi sekitar pukul 7.15 wita itu, sempat menggegerkan warga sekitar. Pasalnya lokasi kebakaran berada dipemukiman warga yang padat dengan rumah.

Menurut keterangan yang dihimpun di lokasi kejadian, penyebab kebakaran diduga dari hubungan arus pendek listrik salah satu rumah warga yang juga ikut terbakar, namun karena angin bertiup sedikit kencang membuat api semakin meluas dan merambah kebangunan rumah lainnya, hingga menyulitkan proses pemadaman. Api baru dapat dikuasai selama tiga jam,  setelah mobil pemadam kebakaran bersama warga saling berupaya memadamkan kobaran api.
Akbar, salah seorang korban yang rumahnya juga terbakar, mengatakan dirinya sangat terkejut saat dihubungi oleh tetangganya yang mengatakan rumahnya sudah terbakar. Padahal menurutnya ia baru sekitar 15 menit yang lalu ia meninggalkan rumahnya itu menuju pasar untuk berjualan. Namun belum beberapa menit ia berada dipasar tiba tiba rumahnya dikabarkan telah terbakar. “ saya sangat kaget saat mendengar rumah saya terbakar, padahal baru sekitar 15 menit saya tinggalkan rumah ini. setelah mendengar kabar tersebut, saya langsung pulang kerumah dan telah menemukan rumah saya dan rumah lainnya sudah dalam kobaran api.  Saya berupa masuk kedalam rumah untuk menyelamatkan barang yang belum terbakar, namun karena kobaran api yang sangat besar, saya disuruh keluar dan menyelamatkan diri“ujarnya dengan wajah lesu.
 Sementara itu, Rusdin Najamuddin salah seorang keluarga korban yang ditemui dilokasi kejadian hanya pasrah melihat rumah orang tua dan saudaranya yang hangus dilalap api. Mantan anggota DPRD Kolaka ini menduga api disebabkan oleh korsleting listrik, pasalnya sebelum kebakaran terjadi tidak ada aktifitas didapur dari keempat rumah tersebut. “ menurut informasi rumahnya Akbar itu kosong karena dia baru saja kepasar untuk jualan, sementara isterinya ke Kupang jadi tidak ada orang dirumah tersebut saat kejadian, dirumah Iskandar juga berada dalam keadaan kosong, ia dan seluruh keluarganya berada di Bone. Sementara rumah milik orang tua dan adik saya juga tidak ada aktifitas didapur karena mereka semua berjualan di toko. Jadi menurut dugaan saya api berasal dari hubungan arus pendek listrik, hanya asal muasalnya api, saya belum tau jelas juga.” Ungkapnya.
Hingga saat ini pihak kepolisian Kolaka masih mengumpulkan data untuk mengetahui penyebab kebakaran serta asal muasalnya api hingga menyebabkan empat rumah warga tersebut hangus. Untung saja tidak terjadi korban jiwa dalam kejadian ini, namun kerugian harta benda ditaksir berkisar ratusan juta rupiah. (RL)