google.com, pub-3025914915219646, DIRECT, f08c47fec0942fa0 suarakolaka: Optimalkan Pelayanan Kesehatan, Desa Puuroda Bangun Posyandu

Total Pengunjung

Kamis, Januari 12, 2017

Optimalkan Pelayanan Kesehatan, Desa Puuroda Bangun Posyandu

Salah satu penyebab kurang optimalnya pelayanan kesehatan ditingkat desa adalah minimya sarana pendukung kesehatan, baik berupa gedung, alat kesehatan maupun transportasi. Seperti yang terjadi di Desa Puuroda Kecamatan Baula, di desa ini, gedung pelayanan kesehatan belum berfungsi optimal karena kondisi gedung yang ada disamping sempit, juga Belum dapat digunakan sebagai pusat kesehatan di tingkat desa.
Dengan alasan tersebut Pemerintah di desa itu kini membangun sebuah gedung Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu),  agar kedepan pelayan kesehatan bisa berjalan dengan baik dan optimal.

Kepala Desa Puuroda, Firman Kallo mengatakan bahwa selain sempit, gedung yang selama ini digunakan sebagai Posyandu di desanya sudah tidak layak lagi. Sebab kata dia untuk memberikan pelayanan kesehatan yang baik, tempat pelayanannya juga diharapkan memenuhi standar yang sehat.


"Kami melihat selama ini pelayanan kesehatan di desa kami belum optimal, salah satu penyebabnya karena belum adanya gedung Posyandu secara permanen. Makanya dengan adanya dana desa dari Kementerian Desa serta alokasi dana desa (ADD) dari Pemda Kolaka tahun 2016,  maka salah satu bangunan yang sangat prioritas harus dibangun di desa ini adalah gedung Posyandu, "kata Firman Kallo.

Dia menambahkan bahwa selain dianggap prioritas, pembangunan gedung Posyandu di desanya juga telah menjadi program prioritas Pemda Kolaka SMS Berjaya.

"Pada poin kedua Program Prioritas Utama SMS Berjaya disitu disebutkan bahwa Pemenuhan kebutuhan kesehatan masyarakat, artinya kami sebagai ujung tombak Pemerintah Daerah ditingkat desa harus melaksanakan dan mensukseskan program tersebut, dengan cara antara lain membangun pusat pelayanan kesehatan untuk masyarakat. Dengan pembangunan Posyandu ini pelayanan kesehatan di Desa Pouuroda akan semakin membaik dibandingkan dengan tahun sebelumnya,"tegasnya. (rul)